| 0 comments ]

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat atau disingkat BPPTD Palembang berlokasi di Jl. Sabar Jaya No. 116 MarianaA, Palembang - Sumatera Selatan adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Pada tahun 1979 pertama kali didirikan dengan perjanjian Proyek FTA 170 antara Pemerintah Kerajaan Belgia dengan Pemerintah Republik Indonesia Tanggal 19 Desember 1979.

Pada tahun 1984 sd 1987 masih menjadi bagian proyek Balai Diklat Angkutan SUngai Danau. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi dibidang lalu Lintas angkutan Sungai, Danau, terbentuk Balai Pendidikan Latihan Angkutan Sungai , Danau (BPL LLASD) berdasarkan Kep.MENPAN No.537/5/MENPAN/10/87 Tanggal 5 Oktober 1987 dan Kep.MENHUB No 231/HK.602/Phb-87 tanggal 21 Oktober 1987 yang hanya menyelenggarakan diklat pendek bagi siswa (shortcourse).

Pada tahun 1990 baru menerima program Diploma III Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP). BPL LLASD berubah menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Angkutan Perairan Pedalaman (BPP APPD) berdasarkan kepeutusan menteri Perhubungan Nomor KM.74 tahun 2002.

Perubahan menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Palembang berdasarkan Km.50 tahun 2008. BPPTD Palembang menjadi Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2017.

Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat atau disingkat BPPTD adalah Unit Pelaksana Teknis dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

Berikut adalah Visi dan Misi BPPTD PALEMBANG :

VISI

Visi BPPTD adalah sebagai pusat unggulan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia transportasi darat yang profesional di tingkat ASEAN pada tahun 2020.

MISI

Misi BPPTD adalah :

- Menyelenggarakan pendidikan (pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat), yang mampu memenuhi tuntutan pengguna jasa transportasi darat.
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional.
- Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang profesional dan akuntabel.
- Membentuk peserta didik yang prima dan beretika;
- Menciptakan kehidupan kampus yang humanis dan berwawasan lingkungan.

Pendidikan dan Pelatihan yang diselnggarakan:


Diklat Pembentukan

BPPTD Palembang merupakan UPT Badan Pengembangan Sumber Daya Pengembangan Manusia (BPSDM) Perhubungan yang menyelenggarakan diklat pembentukan dan diklat teknis. BPPTD Palembang ini mendidik taruna/i program Diploma III Lalu Lintas Angkutan Sungai,Danau, dan Penyeberangan (LLASDP) dengan sistem boarding school . Taruna/i BPPTD Palembang ini berasal dari lulusan SMA/SMK yang ada di Indonesia setelah mengikuti serangkaian tes untuk menjadi taruna/i.

Diklat Teknis

BPPTD Palembang menyelenggarkan diklat teknis yang dapat diikuti oleh PNS/BUMN/Masyarakat Umum.
Adapun jenis Diklat Teknis Tahun 2018 BPPTD Palembang meliputi :

1. Diklat Teknis Kepelautan
Diklat Basic Training (BST)*
Diklat Profiency In Survival Craft and Rescue Boat (SCRB)*
Diklat Advanced Fire Fighting (AFF)*
Diklat Medical First Aid (MFA)*
Diklat Security Awarness Training (SAT)*


2. Diklat Teknis ASDP

Diklat Inspeksi Sungai dan Danau Tingkat Dasar
Diklat Pengelola Pelabuhan Sungai dan Danau
Diklat Manajemen Transportasi Sungai dan Danau
Diklat Manajemen Operasional Pelabuhan Penyeberangan
Diklat Penilai Pelayanan Pelabuhan dan Angkutan Penyeberangan
Diklat Perencanaan Angkutan Sungai dan Danau
Diklat Sertifikasi dan Registrasi Angkutan Sungai dan Danau


3. Diklat Teknis Darat

Diklat Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin)
Diklat Pengemudi Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)*
Diklat Penilaian Analisis Dampak Lalu Lintas

- Keterangan :

* Dapat diikuti oleh masyarakat umum


Metode Pembelajaran

Taruna/i yang menempuh pendidikan di BPPTD Palembang menggunakan sistem boarding school yang dibina dengan kegiatan kerohanian maupun ektrakurikuler lainnya. program Diploma III LLASDP ditempuh dalam waktu 6 (enam) semester atau sebanyak 114 SKS, dan setelah lulus memperoleh gelar A.Md LLASDP (ahli Madya LLASDP)

Metode Evaluasi

Setelah melaksanakan proses pembelajaran selama mengikuti pendidikan dan pelatihan . Taruna/i BPPTD Palembang akan dilaksanakan evaluasi pembelajaran guna mengukur kemampuan baik dibidang akademik maupun praktek selama mengikuti pembelajaran dikelas

Lulusan

Taruna/i program Diploma III LLASDP ditempuh dalam waktu 6 (enam) semester atau sebanyak 114 SKS, dan setelah lulus memperoleh gelar A.Md LLASDP (ahli Madya LLASDP). Lulusan taruna/i program diploma III LLASDP tersebar di wilayah Indonesia yang terdiri dari PNS Kementerian Perhubungan, PNS Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota, BUMN Pelayaran seperti PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT.PELNI,PT.PELINDO, dan BUMN yang ada di Indonesia serta perusahaan Pelayaran Lainnya


Alamat Kampus :
BPPTD PALEMBANG
Bpptd Palembang
JL. SABAR JAYA NO. 116 MARIANA, PALEMBANG - SUMSEL 30763


Sumber:
- bpptdpalembang.ac.id
- Sipencatar.com

0 comments

Post a Comment