| 0 comments ]

Berawal dengan nama Loka pendidikan dan pelatihan penerbang Banyuwangi, Sekolah pilot negeri ini akhirnya berdiri di banyuwangi pada tanggal 23 Desember 2013 secara resmi sekolah yang di beri nama Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) dibuka. Sekolah pilot negeri Banyuwangi ini merupakan yang kedua milik pemerintah setelah sekolah serupa di Curug, Tanggerang, Banten yang berdiri pada 1952.

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi, diresmikan berubah nama semula Loka menjadi Balai pada tanggal 20 Agustus 2015 dan pelaksanaan kegiatannya di atur dalam peraturan menteri perhubungan republik indonesia Nomor PM 123 Tahun 2015 Tentang organisasi dan tata kerja balai pendidikan dan pelatihan penerbang Banyuwangi. Sebagaimana telah diubah dengan peraturan menteri perhubungan republik indonesia nomor PM 95 Tahun 2017 tentang orrganisasi dan tata kerja balai pendidikan dan pelatihan penerbang Banyuwangi.

Selanjutnya berdasarkan keputusan menteri keuangan No 740/KMK.05/2016 tentang penetapan balai pendidikan dan pelatihan penerbang banyuwangi sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan badan layanan umum (PK BLU), maka seluruh unsur tata kelolannya di laksanakan dengan standard PK BLU sesuai peraturan yang berlaku.

Berikut Program Studi / Program Pendidikan dan Pelatihan Bp3 Banyuwangi :

Program Studi / Program Pendidikan dan Pelatihan Bp3 Banyuwangi



PPL (Private Pilot License)


PPL (Private Pilot License) adalah lisensi yang diperoleh oleh siswa sekolah pilot setelah mencapai 40 jam terbang (tiap negara punya standar jam terbang yang berbeda). Pilot yang memegang lisensi ini dapat menerbangkan pesawat untuk rekreasi atau bisnis pribadi hanya di siang hari dan tidak boleh di malam hari. Pemegang lisensi PPL tidak dipekerjakan oleh operator penerbangan atau maskapai penerbangan manapun untuk dibayar.

CPL (Commercial Pilot License)


CPL (Commercial Pilot License) adalah lisensi lanjutan dari PPL. Dengan lisensi ini Anda dapat menerbangkan pesawat komersial dan membawa penumpang (baik berbayar atau tidak). Pilot pemegang lisensi ini dapat bekerja pada maskapai penerbangan. Namun, jam terbang dan jarak tempuh maksimal pilot berlisensi CPL ini masih dibatasi apabila belum memiliki IR (Instrument Rating) misalnya hanya sebatas siang hari.

IR (Instrument Rating)


IR (Instrument Rating) adalah lisensi atau izin terbang tambahan untuk melengkapi CPL bagi pilot profesional yang dapat menerbangkan pesawat di siang dan malam hari dalam kondisi cuaca yang agak buruk misalnya, kabut, mendung, dan kondisi apapun yang dapat menghalangi penglihatan namun tetap berada di bawah IFR (Instrument Flight Rules) dan VFR (Visual Flight Rules). Setelah memperoleh CPL, siswa sekolah pilot dapat melanjutkan jam terbangnya sekitar 10 jam untuk memperoleh IR (Instrument Rating).


Fasilitas Pendukung


Hanggar Pesawat



Hanggar Pesawat Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi seluas + 1.944 m2, dengan kapasitas 15 Pesawat Latih.

Sport Center


Sport Center Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (LP3) Banyuwangi terletak di tengah lingkungan kampus Lp3 Banyuwangi, sehingga dapat diakses dan dimanfaatkan dengan mudah oleh taruna.

Sport Center selain digunakan untuk sarana olahraga dan kegiatan taruna, juga digunakan sebagai lokasi apel rutin hari senin untuk seluruh taruna, pegawai dan staff LP3 Banyuwangi .

Asrama LP3 Banyuwangi


Asrama LP3 Banyuwangi sebanyak 2 unit, dengan kapasitas :

Asrama 1 sebanyak 17 kamar asrama dengan kapasitas 6 orang taruna untuk masing-masing kamar
Asrama 2 sebanyak 8 kamar asrama dengan kapasitas 6 orang taruna untuk masing-masing kamar

Perpustakaan




Ruang Perpustakaan berada di gedung asrama 1 lantai 1 LP3 Banyuwangi.

Laboratorium CBT



Laboratorium CBT merupakan pusat e-learning dengan aplikasi LMS (learning management system), sis_akad (system akademik), dan FTMS (flight training management system)

Ruang Rekreasi


Sebagai salah satu sarana hiburan untuk taruna LP3 banyuwangi, dilengkapi dengan alat band, gamelan tradisional, alat fitness dan set karaoke.

Bandara Blimbingsari




Bandar udara Blimbingsari berlokasi di desa blimbingsari kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi, Bandara Blimbingsari mempunyai peran penting sebagai Sarana penunjang dalam kegiatan praktek terbang taruna LP3 Banyuwangi.

Demikian kami sampaikan informasi yang Anda perlukan mengenai Program Studi Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi ini. Kami berharap informasinya dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi para pengunjung. Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin.


Sumber:
- lp3b.ac.id
- sipencatar.com

0 comments

Post a Comment