| 0 comments ]

Berdasarkan Surat Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Nomor DL.001/B.639/X/Diklat-2006 serta Keputusan Ketua STTD Nomor SK.23/X/KP.007/STTD 2006 program studi yang diselenggarakan oleh BPPTD Bali adalah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Awal yaitu Program Studi Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor (PKB).

Selain Diklat Awal, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali memiliki tugas pokok utama menyelenggarakan Diklat Teknis (shortcourse) yang diperuntukkan bagi para Pegawai Negeri Sipil Dinas Perhubungan Propinsi, Kabupaten atau Kota guna meningkatkan kemampuan dan profesionalitas kerja khususnya di sub sektor perhubungan darat.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan berencana untuk mengembangkan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali. Pengembangan ini dilakukan dalam rangka menambah kapasitas lulusan.

Saat ini BPPTD Bali yang berlokasi di Jalan Batuyang No. 109x, Batubulan Kangin, Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Provinsi Bali menempati lahan seluas lebih kurang 1,6 hektar. BPPTD Balai yang didirikan pada tahun 2005 ini ditargetkan untuk mengakomodasi pelajar-pelajar SMA atau sederajat yang berada di kawasan Bali maupun kawasan Timur Indonesia.

BPPTD Bali bukan hanya menerima para lulusan SMA atau sederajat untuk dididik menjadi taruna-taruni dengan tugas pokok melaksanakan pendidikan dan pelatihan teknis fungsional dan manajemen di bidang transportasi darat.

BPPTD Bali juga menyelenggarakan diklat-diklat teknis maupun kedinasan perhubungan khususnya sub sektor darat yang berwawasan nasional dan internasional, yang selalu mengikuti perkembangan teknologi transportasi, komprehensif dan berkesinambungan bagi peserta diklat.

Oleh karenanya di BPPTD Bali dalam penyelenggaraan diklat-diklat teknis bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Propinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Organda Provinsi Bali, Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), perusahaan karoseri, produsen mobil serta lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Japan Automobile Research Institute (JARI). Keduanya dari Jepang.


Perluasan dan Penambahan Program Studi

Berdasarkan instruksi Menteri Perhubungan mengenai kewajiban penerapan Badan Layanan Umum di Unit Pelaksana Teknis dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, maka BPPTD Bali perlu mengembangkan Jasa Layanan Pendidikan yang berbasis kinerja dan berorientasi pada output.

Perkembangan yang terjadi memacu untuk kompetisi yang tinggi dan meningkatkan gairah baru dalam dunia pendidikan dan pelatihan. Maka perkembangan tempat pendidikan dan pelatihan haruslah dapat menyesuaikan tuntutan itu.

Untuk itulah BPSDM Kementerian Perhubungan dalam rencana strategis jangka panjang akan mengembangkan BPPTD Bali, yaitu mempersiapkan lahan baru dengan luas 10,2 hektar di Jl Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan, Tabanan Bali.

Pembebasan lahan sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. Saat ini di lokasi sedang dilakukan penataan sekaligus pengerasan lahan. Setelah itu akan dilakukan pembangunan yang diperkirakan akan selesai dan dioperasikan pada tahun 2018. Menurut Subroto, proyek ini menelan biaya sekitar Rp 260 miliar yang keseluruhannya menggunakan dana APBN.

Di kampus baru nantinya akan dibangun fasilitas pendidikan dan pelatihan yang berstandar internasional serta dilengkapi laboratorium dan alat praktek dengan teknologi baru, seperti gedung workshop, ruang belajar mengajar, auditorium, poliklinik, short course, asrama taruna/taruni, rumah dinas. Di samping itu akan dibangun juga prasarana lain seperti gedung simulator pengemudi, ruang serbaguna, lapangan sepakbola, sport hall, dan gedung perkantoran.

Subroto mengatakan, program studinya juga dikembangkan. Bukan hanya Diploma II melainkan menjadi Diploma IV atau setingkat Politeknik atau Akademi. Program studi yang dikembangkan akan berorientasi pada level teknisi dan operator. Adapun usulan program studi yang akan dikembangkan di kampus baru adalah Diploma III Manajemen Transportasi Darat dan Logistik, Dimploma III Rekayasa Teknologi Transportasi Darat dan Diploma I Awak Sarana Transportasi Darat.

Untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, teratur, tepat waktu, bersih dan nyaman serta terampil dalam berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas sebagaimana semboyan Lima Citra Manusia Perhubungan, BPPTD Bali menerapkan Moto: Kasih Sayang Kasih Sayang (KSKS).

Dalam pelaksanaannya KSKS merupakan kepanjangan dari Koordinasi Sinkronisasi Komunikasi dan Silaturahmi. Dimana satu sama lainnya saling bertautan dan tidak bisa dipisahkan.


Program Studi / Program Pendidikan dan Pelatihan BPPTD Bali



Program Pembentukan


Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan atau disebut juga Pendidikan dan Pelatihan Awal.

Berdasarkan Surat Kepala Badan Diklat Nomor DL.001/B.639/X/Diklat-2006 serta Keputusan Ketua STTD Nomor SK.23/X/KP.007/STTD 2006 program studi yang diselenggarakan oleh BPPTD Bali adalah Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor (PKB).

Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor merupakan salah satu jenjang pendidikan berstatus diploma dua yang bertujuan mendidik dan melatih putra putri bangsa yang berpotensi untuk melakukan pendidikan pada bidang transportasi khususnya pada pengujian kendaraan bermotor. Pendidikan dan Pelatihan yang dilakukan dengan sistem boarding school yang hampir keseluruhan biayanya ditanggung oleh negara.

Kompetensi lulusan:

Mampu memahami tentang Pengujian Kendaraan Bermotor, menguji kendaraan bermotor, ambang batas, tehnik pengujian dan memahami cara kerja pengujian kendaraan bermotor.
Menguasai dasar hukum serta peraturan perundang-undangan khususnya Lalu Lintas Angkutan Jalan.
Lama pendidikan:

Pendidikan dan Pelatihan Pengujian Kendaraan Bermotor ini berlangsung selama 2 (dua) tahun diasramakan.


Pendidikan dan Pelatihan Short Course


Pendidikan dan Pelatihan Short Course atau disebut juga Pendidikan dan Pelatihan Teknis (Diklat Teknis).

Selain Diklat Awal, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali memiliki tugas pokok utama menyelenggarakan Diklat Teknis (shortcourse) yang diperuntukkan bagi para Pegawai Negeri Sipil Dinas Perhubungan Propinsi, Kabupaten atau Kota guna meningkatkan kemampuan dan profesionalitas kerja khususnya di sub sektor perhubungan darat.

Diklat Teknis tersebut antara lain:

Pengujian Kendaraan Bermotor


Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor Dasar bertujuan memberikan pengetahuan dan, teknik pengujian kendaraan bermotor, administrasi PKB, keselamatan kesehatan kerja (K3), pengantar teknik lalu lintas, analisis kecelakaan kendaraan bermotor, teknik mengemudi serta tata cara dan pelaporan PKB sehingga petugas dapat melaksanakan tugas dengan baik dan profesional. Setelah mengikuti Diklat dan lulus uji kompetensi peserta akan diberikan sertifikat kompetensi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

· Tarif / Pembiayaan : Rp.20.400.000,-


Pengujian Kendaraan Bermotor Lanjutan I


Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor Lanjutan I bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai komponenen kendaraan bermotor, mampu mengoprasikan peralatan uji kendaraan bermotor, mampu melakukan pengukuran dimensi kendaraan bermotor dan perhitungan daya angkut, mampu menjelas rancang bangun kendaraan bermotor, dan dapat melakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan alat uji kendaraan bermotor, mengoprasikan aplikasi SIM PKB.Setelah mengikuti diklat peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai Penguji Pelaksana.

· Tarif / Pembiayaan : Rp.13.400.000,-

Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor Lanjutan II


Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor Lanjutan II bertujuan untukmeningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyiapkan, mengoperasikan dan mengkalibrasi alat uji kendaraan bermotor serta mampu menganalisa dan menvalidasi data hasil Pengujian Kendaraan Bermotor serta dapat memeriksa dan mengkaji spesifikasi gambar teknis Kendaraan Bermotor

· Tarif / Pembiayaan : Rp.9.800.000,-

Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor Lanjutan III


Setelah mengikuti diklat PKB Lanjutan III, peserta diklat diharapkan mampu menguji Kendaraan Bermotor, Menghitung dan menetapkan JBI, JBB, Daya Angkut dan MST Kendaraan Bermotor, mengkalibrasi alat uji kendaraan bermotor serta mampu menganalisa dan menvalidasi data hasil Pengujian Kendaraan Bermotor serta dapat memeriksa dan mengkaji spesifikasi gambar teknis Kendaraan Bermotor dan mampu menilai kondisi teknis Kendaraan Bermotor sesuai hasil pemeriksaan fisik Kendaraan Bermotor yang dilakukan.

· Tarif / Pembiayaan : Rp.7.100.000,-

Diklat Teknisi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL)


Diklat Teknisi APILL bertujuan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan keahlian kepada peserta diklat di bidang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) untuk mendukung pelaksanaan manajemen dan rekayasa lalu lintas, Peserta diklat berasal dari aparatur pemerintah dengan pendidikan minimal SLTA/Sederajat diutamakan SLTA IPA, SMK listrik/elektro, materi yang diajarkan dalam diklat ini antara lain karakteristik dasar, desain dan rekayasa persimpangan, pengumpulan data lalu lintas di persimpangan, pengolahan data persimpangan, pengenalan komponen, pemrograman (setting), perawatan dan troubleshooting APILL.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 8.222.000,-

Diklat Dasar Transportasi Darat


Diklat Dasar Transportasi Darat merupakan diklat dasar bagi petugas perhubungan yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan-pengetahuan dasar di bidang transportasi darat menyangkut aspek regulasi, perencanaan transportasi, traffic engineering, angkutan umum dan keselamatan transportasi darat, sehingga petugas tersebut mampu memahami secara umum tugas pokok dan fungsinya.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 8.900.000,-

Diklat Teknis Keselamatan Transportasi Dasar


Diklat Teknis Keselamatan Transportasi Dasar bertujuan memberikan bekal kepada peserta untuk mampu memahami standar keselamatan dari sektor prasarana dan sarana transportasi secara mendasar dan secara umum meliputi dibidang perundang-undangan dibidang jalan, karakteristik sistem lalu lintas, desain geometrik jalan, gangguan dan hambatan keselamatan jalan, kebutuhan dan kelayakan fasilitas perlengkapan jalan, survei lalu lintas yang terkait bidang keselamatan

· Tarif / Pembiayaan : Rp.1.900.000,-

Diklat Pengelolaan Perlengkapan Jalan


Diklat Pengelolaan Perlengkapan Jalan merupakan salah satu diklat teknis tingkat lanjut yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai fasilitas perlengkapan jalan sebagai alat pemberi informasi bagi pelaku perjalanan

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 9.700.000,-

Diklat Teknis Penilai Analisis Dampak Lalu Lintas


Diklat Teknis Penilai Analisis Dampak Lalu Lintas membahas tentang peraturan perundangan andalalin, perencanaan dan pemodelan tata guna lahan transportasi, teknik pengumpulan dan pengolahan data lalu lintas, aplikasi komputer program transportasi (simulasi mikro), teknik pengolahan dan analisa data lalu lintas, teknik pelaksanaan andalalin, pedoman tata cara pelaksanaan andalalin kawasan bangkitan(pemukiman), pedoman tata cara pelaksanaan andalalin kawasan tarikan (pusat kegiatan) dan pedoman tata cara pelaksanaan andalalin kawasan pembangunan prasarana transportasi baru.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 9.663.000,-

Diklat Teknis Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas


Diklat Teknis Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas merupakan diklat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang penyusunan dokumen analisis dampak lalu lintas sebagai salah satu persyaratan dalam pembangunan pusat kegiatan yang memberikan dampak terhadap kinerja lalu lintas. Peserta Diklat berasal dari aparatur maupun non aparatur dengan pendidikan minimal D-3, materi yang diajarkan dalam Diklat ini meliputi Perundang-undangan, Teknik Pelaksanaan Andalalin, Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data, dan Perencanaan Transportasi.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 6.900.000,-

Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan


Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan membahas tentang Peraturan Perundang Undangan LLAJ, Tata Guna Lahan dan Transportasi,Manajemen Rekayasa Lalu Lintas,Perencanaan Jaringan Pelayanan dan Sistem Angkutan Umum Perkotaan, Transportasi Multimoda Angkutan Penumpang, Analisis Dampak Lalu Lintas,Strategi Pengumpulan dan Pengolahan Data Transportasi Perkotaan, Intelligent Transport System, KebijakanTransportasiPerkotaan.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 10.600.000,-

Diklat Pengelola Terminal


Diklat Pengelola Terminal adalah salah satu diklat teknis tingkat ahli yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian di bidang perencanaan, pengelolaan/penyelenggaraan, evaluasi dan penyajian data di bidang keterminalan angkutan jalan, pengorganisasian dan pengumpulan data, pelayanan prima, memeriksa kendaraan dalam terminal, mengatur lalu lintas pada daerah kewenangan terminal dan administrasi pelaporan sehingga menjadi petugas yang professional dan tanggap terhadap permasalahan-permasalahan di terminal angkutan jalan.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 7.250.000,-

Diklat Audit Keselamatan Jalan


Diklat Audit Keselamatan Jalan adalah diklat teknis yang diperuntukan bagi sumber daya manusia sub sektor perhubungan darat khususnya sumber daya manusia yang membidangi dan mengelola keselamatan transportasi jalan yang berisikan materi – materi tentang metode pengumpulan dan analisis data prasarana LLAJ sehingga dapat digunakan sebagai bahan informasi peningkatan keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 5.200.000,-

Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan


Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan membahas tentang Peraturan Perundang Undangan LLAJ, Tata Guna Lahan dan Transportasi,Manajemen Rekayasa Lalu Lintas,Perencanaan Jaringan Pelayanan dan Sistem Angkutan Umum Perkotaan, Transportasi Multimoda Angkutan Penumpang, Analisis Dampak Lalu Lintas,Strategi Pengumpulan dan Pengolahan Data Transportasi Perkotaan, Intelligent Transport System, KebijakanTransportasiPerkotaan.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 6.450.000,-

Diklat Orientasi LLAJ


Diklat Orientasi LLAJ merupakan salah satu diklat teknis tingkat dasar yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai survai-survai di bidang lalu lintas dan angkutan umum, serta teknik pengolahan dan analisis data LLAJ.

Tarif / Pembiayaan : Rp. 12.700.000,-

Diklat Pengumpulan dan Pengolahan Data LLAJ


Diklat Pengumpulan dan Pengolahan Data LLAJ merupakan salah satu diklat teknis tingkat lanjutan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta mengenai survai-survai di bidang lalu lintas dan angkutan umum, serta teknik pengolahan dan analisis data LLAJ.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 8.900.000,-


Diklat Pengemudi AngkutanBahan Beracun Dan Berbahaya (B3) - (Non Aparatur)


Diklat Pengemudi AngkutanBahan Beracun Dan Berbahaya (B3) memberikan pengetahuan dan keahlian yang meliputi Membangun perilaku mengemudi secara aman, meningkatkan keterampilan teknis mengemudi, memahami karakteristik/sifat B3, Kemampuan penanggulangan keadaan darurat, dan pemahaman regulasi

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 3.000.000,-


Diklat Pengemudi Profesional (Non Aparatur)


Diklat Pengemudi Profesional memberikan pengetahuan dan keahlian yang meliputi Membangun perilaku mengemudi secara aman, meningkatkan keterampilan teknis mengemudi bus, Kemampuan penanggulangan keadaan darurat, dan pemahaman regulasi.

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 3.000.000,-


Diklat Pengemudi Taxi


Diklat Pengemudi Taxi memberikan pengetahuan dan keahlian yang meliputi Membangun perilaku mengemudi secara aman, meningkatkan keterampilan teknis mengemudi Taksi, Kemampuan penanggulangan keadaan darurat, dan pemahaman regulasi

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 3.000.000,-


Diklat Pengemudi Profesional (Non Aparatur)


Diklat Pengemudi Profesional (Non Aparatur) memberikan pengetahuan dan keahlian yang meliputi Membangun perilaku mengemudi secara aman, meningkatkan keterampilan teknis mengemudi Taksi, Kemampuan penanggulangan keadaan darurat, dan pemahaman regulasi

· Tarif / Pembiayaan : Rp. 3.000.000,-


Fasilitas pendidikan dan pelatihan

Guna mendukung penyelenggaraan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali dilengkapi dengan fasilitas pendidikan dan pelatihan antara lain:

1. Fasilitas Pendidikan

a. Ruang kelas yang representative;

b. Kelas multimedia,;

c. Laboratorium Komputer (CBT);

d. Laboratorium Bahasa;

e. Kendaraan praktek;,

f. Instalasi Pengujian Kendaraan Bermotor;

g. Instalasi alat peraga;

h. Simulator Mengemudi;

i. Alat Peraga;

j. Spooring & Balancing.


2. Fasilitas Penunjang Pendidikan

a. Asrama;

b. Asrama Siswa;

c. Perpustakaan;

d. Ruang Makan;

e. Ruang Pertemuan (Aula serba guna);

f. Klinik Kesehatan & Gigi;

g. Fasilitas olahraga (Lapangan Futsal), kesenian dan ibadah;

h. Alat Band;

i. Sarana Sikap Mental (Outbond).


Demikian kami sampaikan informasi yang Anda perlukan mengenai Program Studi BPPTD Bali ini. Kami berharap informasinya dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi para pengunjung. Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin.


Sumber:
- dephub.go.id
- sipencatar.com

0 comments

Post a Comment