| 0 comments ]

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan telah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2000.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan pelabuhan menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional maupun internasional.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya bernama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhanan Diploma IV. Lulusan program Diploma IV berhak menyandang gelar akademik Sarjana Sains Terapan Pelayaran disingkat S.ST.Pel

Dengan adanya peningkatan/kemajuan yang meliputi aspek program pendidikan, tenaga pengajar, lulusan, tenaga penunjang, sarana dan prasarana, maka sejak tahun 1951 terjadi perubahan pelembagaan hingga menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 dan telah masuk White List di Internasional Maritime Organization tahun 2000, sebagai berikut :

Tahun 1951 - 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.
Tahun 1955 - 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang
Tahun 1974 - 1981 bernama Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang
Tahun 1979 - 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
Tahun 1995 masih bernama BPLP Semarang, tetapi programnya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.
Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.


Visi dan Misi

Visi

Menjadi Perguruan Tingggi Pelayaran Niaga yang Profesional, Mandiri dan Berwawasan Global

Misi

Memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan pelayaran yang berstandar nasional dan internasional untuk menghasilkan sumber daya pelayaran yang prima, prefesional, beretika;
Mengembangkan penguasaan ilmu terapan dan teknologi bidang pelayaran melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
Melaksanakan tata kelola kelembagaan yang transparan dan akuntabel dan mandiri dengan meningkatkan kemampuan seluruh sumber daya organisasi secara terus menerus
Menjalin kerjasama dengan stakeholder, dunia usaha, dunia industri dan alumni demi terwujudnya jejaringan kinerja berkelanjutan


Sekitar bulan April 2018 yang lalu, sebanyak 193 taruna taruni (KALK) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yang terdiri 103 dari prodi Nautika, 88 dari prodi Teknika dan 2 Prodi Ketatalaksanaan (KALK) diwisuda oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr Ir Djoko Sasono MSc dan Direktur PIP Semarang Capt Marihot Simanjuntak MM di kampus setempat.

Kepada para wisudawan Djoko Sasono berharap lulusan segera berusaha bekerja seperti para senior mereka yang bekerja berbagai bidang di antaranya industri maritim nasional dan internasional, instansi pemerintah dan swasta, TNI dan Polri, lembaga pendidikandan lain sebagainya.

Sedangkan Direktur PIP Semarang Marihot Simanjuntak menyatakan PIP selalu mengembangkan kualitas pendidikan termasuk mengirim studi lanjut S2 dan S3 para dosennya serta peningkatan kurikulum dan sarana prasarana penunjangnya.

Di sela-sela wisuda, PIP Semarang juga menyerahkan bantuan kepada 30 anak panti asuhan Nurul Shomad,Mijen Semarang sebagai rasa kepedulian sosial PIP Semarang pada masyarakat. Upacara wisuda ditandai pula dengan penyematan tanda pangkat taruna taruni oleh orang tua mereka serta diberi percikan air samodra oleh pimpinan PIP Semarang.


Sumber:
- dephub.go.id
- pip-semarang.ac.id
- sipencatar.com
- krjogja.com

0 comments

Post a Comment