| 0 comments ]

Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau disingkat STTD adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat.

STTD Bekasi Jawa Barat menyelenggarakan 1 Program Diploma II, 3 Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4.


Sistem Penyelenggaraan Pembelajaran yang dikembangkan diantaranya adalah Pembelajaran di kelas: survei lapangan praktikum simulator dan laboratorium, Kunjungan lapangan kuliah kerja lapangan, Ceramah atau kuliah umum, Praktek kerja lapangan, Seminar dan/atau loka karya, Penelitian dan pengabdian masyarakat dankegiatan lain untuk mendukung proses pembelajaran.

Penyelenggaraan pembelajaran tersebut didahului dengan pelaksanaan Masa Dasar Pembinaan Mental (Madabintal) dan Masa Pembinaan Mental (Mabintal).

Berikut ini kami sampaikan ulasan lengkapnya tentang Program Studi STTD Bekasi, yang bisa dipelajari oleh para calon taruna/i atau orang-tua/walinya agar lebih mengenal Program Studi STTD Bekasi.




Program Studi STTD Bekasi



Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)




Diploma II Penguji Kendaraan Bermotor merupakan salah satu jenjang pendidikan berstatus diploma dua yang bertujuan mendidik dan melatih putra putri bangsa yang berpotensi untuk melakukan pendidikan pada bidang transportasi khususnya pada pengujian kendaraan bermotor. Pendidikan dan Pelatihan yang dilakukan dengan sistem boarding school.


Visi Dan Misi

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang mencetak tenaga penguji yang profesional, beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa sampai tahun 2020.

Misi

  1. Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan dibidang pengujian kendaraan bermotor, teknologi penunjang otomotif, serta teknik keselamatan dan kesehatan kerja (profesionalism sustainability).
  2. Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan teknologi pengujian kendaraan bermotor, teknologi penunjang otomotif, serta teknik keselamatan dan kesehatan kerja (good governance professionalism).
  3. Membangun masyarakat akademis berkualitas yang mampu berkompetisi secara global (sustainability profesionalism).
  4. Membentuk networking dengan sektor industri dan berbagai institusi terkait untuk merealisasikan sistem pendidikan yang komprehensif (good governance sustainability).
  5. Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan ektrakurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketagwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta beraklaktulkarimah (moral value)
  6. Menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan bagi sivitas akademik.


Kompetensi lulusan :

Mampu memahami tentang Pengujian Kendaraan Bermotor, menguji kendaraan bermotor, ambang batas, tehnik pengujian dan memahami cara kerja pengujian kendaraan bermotor.
Menguasai dasar hukum serta peraturan perundang-undangan khususnya Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Lama pendidikan

Pendidikan dan Pelatihan Pengujian Kendaraan Bermotor ini berlangsung selama 2 (dua) tahun dan para taruna/taruni diasramakan.


Diploma III Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)




Dasar hukum penyelenggaraan Program D.III LLAJ adalah Surat Keputusan Menteri Perhubungan nomor 29/ DL.001/Phb-80 tanggal 5 Desember 1980 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Ahli lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Melalui Program D III LLAJ, taruna taruni dididik untuk menjadi ahli lalu lintas transportasi jalan.

Ijazah yang dikeluarkan oleh Program D. III LLAJ telah diakui dan ditetapkan sederajat dengan Ijazah Diploma III dan dapat dipergunakan dalam persamaan ijazah dan berlaku untuk pengangkatan dalam pangkat pegawai negeri sipil berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 065/U/1981 tentang persamaan ijazah Pendidikan dan Latihan Perhubungan, dengan nama Ijazah Diploma III Ahli Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

Kompetensi lulusan :

Kompetensi lulusan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) dikembangkan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Kompetensi secara umum lulusan pendidikan program D III LLAJ adalah:

Memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar mampu mengamati, mengenali, dan melakukan pendekatan pemecahan masalah dalam bidang ilmunya secara ilmiah.

Mampu menerapkan ilmunya serta mampu menghadapi perubahan dan mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidang keilmuannya.

Berdasarkan acuan di atas, kemudian dikembangkan kompetensi lulusan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang didefinisikan dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan. Kompetensi lulusan tersebut dijabarkan di bawah ini:

Kompetensi lulusan pendidikan Program Studi Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) adalah :

Kompetensi utama lulusan adalah mampu mengidentifikasi aspek –aspek yang berkaitan dengan permintaan dan pelayanan transport dibidang jalan ; melakukan perencanaan transportasi; menidentifikasi biaya operasi kendaraan dan menyusun tarif pentarifan ; mengidentifikasi dan menentukan alternatif pemecahan masalah terkait opersional jalan ;melkukan manajemen operasional angkutan umum; melakukan survey dan analisis data lalu lintas;merencanakan dan mendisain prasarana lalu lintas dan angkutan umum; mengatur lalu lintas; mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan; analisis dan mengusulkan pencegahan kecelakaan; memahami karateristik dan rekayasa kendaraan.

Kompetensi pendukung lulusan adalah mampu bekerja dengan menggunakan teknologi dan terampil di bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ) baik secara pelayanan/administratif maupun teknis.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan mampu berbahasa inggris dan memiliki kemampuan etika profesi yang baik dalam menjalankan tugasnya.


Diploma III LLASDP




Langkah Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (LLASDP) adalah dengan cara menciptakan Sumber Daya Manusia yang terampil dan ahli sebagai pimpinan tingkat menengah di bidang ASDP yang diantaranya adalah melalui penyelenggaraan Program Diploma III LLASDP yang merupakan salah satu program pendidikan dan pelatihan awal Departemen Perhubungan.

Program pendidikan ini diselenggarakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Palembang. Dan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM.21 Tahun 2010, program ini secara teknis operasional merupakan salah satu program studi di bawah naungan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Bekasi.


Diploma III Perkeretaapian





Diploma III Perkeretaapian berdiri tanggal 25 Agustus 2004, dan merupakan kerjasama antara Badan Diklat Perhubungan dengan ditjen KA serta PT Kereta Api (Persero) tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di bidang perkeretaapian.

Program Diploma III Perkeretaapian merupakan pendidikan dan pelatihan awal untuk memberikan pengetahuan di bidang perencanaan perkeretaapian meliputi teknik Sarana perkeretaapian, teknik Persinyalan, teknik Pelistrikan, teknik Telekomunikasi, Perencanaan Operasi dan GAPEKA serta Perundang-undangan perkeretaapian.

Visi Dan Misi

Visi

Pusat unggulan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Transportasi Darat pada tahun 2020

Misi

  1. Membentuk tenaga profesional Perkeretaapian melalui jenjang pendidikan formal sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan Perkeretaapian untuk kebutuhan nasional.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat di bidang Perkeretaapian.


Kompetensi lulusan :

Kompetensi lulusan Program Studi Perkeretaapian dikembangkan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Kompetensi lulusan pendidikan program diploma adalah:

Memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup agar mampu mengamati, mengenali, dan melakukan pendekatan pemecahan masalah dalam bidang ilmunya secara ilmiah.

Mampu menerapkan ilmunya serta mampu menghadapi perubahan dan mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidang keilmuannya.

Berdasarkan acuan di atas, kemudian dikembangkan kompetensi lulusan Program Studi Perkeretaapian yang didefinisikan dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan. Kompetensi lulusan tersebut dijabarkan di bawah ini:

Kompetensi lulusan pendidikan Program Studi Perkeretaapian adalah :

Kompetensi utama lulusan adalah memilki kualitas profesional dalam menjalankan fungsi dan tugasnya yang memiliki wawasan yang mendalam pada teknologi perkeretaapian yang mengarah pada terbentuknya jiwa kreatif, inovatif dan profesional serta memegang nilai-nilai moral.

Kompetensi pendukung lulusan adalah mampu bekerja dengan menggunakan teknologi dan terampil di bidang perkeretaapian baik secara pelayanan/administratif maupun teknis.

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan mampu menjadi Praktisi perkeretaapian dan menggunakan peralatan perkeretaapian serta melakukan pelayanan perkeretaapian.


Diploma IV Transportasi Darat





Program Diploma IV Transportasi Darat merupakan diklat lanjutan dari perogram D-III Ahli LLAJR memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai Investasi Proyek Transportasi, Transportasi Regional, Manajemen Lalu Lintas Lanjutan, Teknologi Transportasi Darat, Perencanaan Angkutan Umum, Dasar Aplikasi Komputer, Peraturan Perkeretaapian, Perencanaan Transportasi Perkotaan, Amdal Transportasi Darat, Sistem Informasi Manajemen, Teori Pengambilan Keputusan, Peraturan Perundang-undangan LLASDP, Aplikasi Program Transportasi sehingga para peserta terampil di bidang transportasi darat.

Dasar penyelenggaraan Program Diploma IV Transportasi Darat adalah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : SK.002/0/1991 tanggal 9 Januari 1991 tentang Pengesahan Penyelenggaraan Program Diploma IV Transportasi Darat. Melalui Program D.IV Transportasi Darat, taruna/taruni di didik menjadi ahli transportasi darat.

Visi Dan Misi

Visi

Pusat unggulan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Transportasi Darat pada tahun 2020

Misi

  1. Membentuk tenaga profesional Transportasi Darat melalui jenjang pendidikan formal sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan Sistem Transportasi Darat untuk kebutuhan nasional.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat di bidang Transportasi Darat.



Kontak Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi :


Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi 17520
Phone : +62 21 8254 640
Fax : +62 21 8260 8997
Website : http://www.sttd.ac.id
Email : info@sttd.ac.id


Demikian kami sampaikan informasi yang Anda perlukan mengenai Program Studi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi ini. Kami berharap informasinya dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi para pengunjung. Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin.


Sumber:
- sttd.ac.id
- sipencatar.com


0 comments

Post a Comment