| 0 comments ]

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) / Poltran Tegal merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini didirikan pada 14 Mei 1971 dengan nama Balai Diklat Trans Jaya. PKTJ berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) menyelenggarakan pendidikan Vokasi dibidang keselamatan transportasi jalan. PKTJ memiliki kampus yang modern, komprehensif, terbuka yang mencakup disiplim ilmu keselamata transportasi jalan. PKTJ saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu politeknik riset dibidang keselamatan transportsi jalan. Sebagai politeknik riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan.

Oleh karena itu disusunlah beberapa pelayanan program yang dilakukan oleh Polikteknik Keselamatan Transportasi Jalan yang juga ikut berperan penting dalam perkembangan kemajuan Transportasi Darat di Indonesia itu, salah satunya yakni dengan adanya program yang dikhususkan untuk Lembaga, Instansi ataupun Individu luar baik pemerintah maupun swasta yakni Diklat Teknis Fungsional atau biasa disebiut Short Course.

Diklat Teknis Fungsional / Short Course adalah Diklat peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, untuk kalangan umum yang hendak meningkatkan kualitas dan skill Individu di bidang Transportasi Jalan dan Keselamatannya. Biasanya instansi dan lembaga ataupun perusahaan yang mengikutsertakan anggota atau karyawannya merupakan bagian penting yang juga pada akhirnya ikut menciptakan situasi yang kondusif bagi Keamanan dan Keselamatan Transportasi Jalan di Indonesia. Dan para peserta diklat yang mengikuti program khusus ini baik dari Pemerintah maupun Swasta dan Golongan disebut Siswa yang tentunya juga akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan pembelajaran penuh yang diberikan oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan.




Program Studi PKTJ / Poltran Tegal


Program Studi D IV Teknik Keselamatan Otomotif


Program studi ini adalah suatu ilmu terapan (applied sciences) yang merupakan pengembangan dari disiplin ilmu teknik mesin, teknik elektronika dan teknik otomotif. Saat ini perkembangan dunia otomotif sangat cepat, dengan menggabungkan 4 (empat) disiplin ilmu yaitu ilmu teknik mesin, teknik otomotif, teknik elektronika dan teknik informatika sehingga saat ini kita mengenal beberapa istilah dalam dunia otomotif seperti ototronik yaitu system dalam kendaraan bermotor yang menggabungkan antara prinsip otomotif dengan kecanggihan elektronika.

Sistem control dalam kendaraan bermotor tidak lagi secara konvensional namun menggunakan system yang dikenal dengan istilah On Board Diagnostic ( OBD ). Adalagi istilah smart car yaitu system kendaraan bermotor yang menggabungkan antara teknologi otomotif dengan teknologi informatika yang memungkinkan pengguna kendaraan dipandu pada malam hari, atau menghindari tersesat dijalan, atau berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya dalam satu koridor dsb. Kemudian adalagi istilah mobil hybrid yang mengkombinasikan teknik mesin dan teknik elektronika, dimana sebuah mobil dimungkinkan memiliki 2 (dua) macam sumber tenaga, bisa menggunakan motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ) atau menggunakan tenaga listrik. Hal ini ditujukan agar konsumsi BBM dapat ditekan serendah mungkin.



Gambaran kemajuan dunia otomotif diatas dewasa ini mendeskripsikan bahwa saat ini dunia after market otomotif sangat membutuhkan kompetensi yang spesifik yang dapat menguasai ketiga disiplin ilmu yang digabungkan menjadi satu kompetensi. Mekanik saat ini harus mampu menggunakan engine scanner, menguasai engine management system dsb. Program studi teknik mesin dan pendidikan otomotif jelas tidak mengakomodir kebutuhan ini. Sehingga saat ini hampir semua teknisi dan mekanik bengkel umum dan ATPM secara rutin harus belajar khusus tentang perkembangan teknologi otomotif ini untuk dapat melayani after market otomotif.

Program studi Diploma IV Teknik Keselamatan Otomotif ini didesain untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai dan mampu / menguasai teknologi otomotif terkini yang merupakan gabungan / kombinasi dari berbagai disiplin ilmu tadi, sehingga lulusan program ini akan memenuhi kebutuhan kompetensi dari bengkel-bengkel modern, ATPM maupun aparatur yang bertanggung jawab dalam mengaudit dan menginspeksi bengkel umum/perusahaan angkutan umum. Inilah karakteristik dan spesifikasi khusus program Diploma IV Teknik Keselamatan.


Program Studi D IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan


Program studi ini adalah suatu ilmu multi disiplin, dimana didalamnya terdapat ilmu teknik sipil yang terkait dengan perancangan jalan dan jembatan, desain manajemen dan rekayasa lalu lintas. Perbedaannya adalah pada Diploma IV MKTJ ini adalah bukan untuk membuat atau merancang, melainkan untuk kepentingan audit dan inspeksi serta kepentingan investigasi dan mitigasi pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas.



Demikian juga terdapat ilmu teknik mesin dan otomotif pada program diploma ini, namun lebih fokus pada karakteristik kendaraan bermotor dan persyaratan teknis dan laik jalannya. Perhatian pada disiplin ini lebih diarahkan pada kemampuan untuk melakukan audit dan inspeksi Sistem Manajemen Keselamatan pada kendaraan bermotor serta untuk kepentingan investigasi pada kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh factor kendaraan bermotor. Dan yang paling spesifik dari disiplin ilmu ini adalah seperti pendidikan keselamatan, desain kampanye keselamatan, human factor, penegakkan hukum transportasi dsb yang merupakan penggabungan berbagai disiplin ilmu seperti ilmu teknik komunikasi, ilmu faal, ilmu social, ilmu hukum dan ekonomi.

Saat ini kegiatan seperti perancangan, audit, inspeksi, investigasi, analisis dsb yang seharusnya terintegrasi justru dilaksanakan secara parsial tanpa membentuk satu kesatuan. Hal ini dimungkinkan karena sistem transportasi di Indonesia menggunakan pendekatan system orchestra yang membagi-bagi kewenangan, sehingga koordinasi diperlukan untuk keterpaduannya. Namun hal ini sangat sulit tercapai. Melalui program DIV MKTJ ini kendala ini diminimalisir, sebagai contoh seorang Polisi yang tugas dan tanggung jawabnya sebagai investigator kecelakaan lalu lintas, dia akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik karena dia juga memahami tentang desain keselamatan jalan maupun persyaratan teknik dan laik jalan kendaraan bermotor.

Atau seorang petugas Bina Marga yang memiliki tugas tanggung jawab baik sebagai desainer, auditor maupun inspector jalan dia akan dapat merancang jalan yang “memahami pengemudi dan kendaraannya” karena dia juga memahami dan mengerti karakteristik kendaraan bermotor dan human factor (keterbatasan pada manusia, karakteristik pada manusia dsb). Inilah yang ingin dicapai dari penyelenggaraan prodi DIV MKTJ ini, seorang figure desainer keselamatan yang memiliki kemampuan dan sikap untuk menciptakan keselamatan transportasi jalan dengan memahami setiap aspek yang berpengaruh dalam keselamatan jalan.


Program Studi D III Pengujian Kendaraan Bermotor


Visi

Menjadikan lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang mencetak professional dibidang Pengujian Kendaraan Bermotor yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.t

Misi

1) Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian di bidang teknologi pengujian kendaraan bermotor serta teknik keselamatan & kesehatan kerja pengujian otomotif (professionalism-sustainability).
2) Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan teknologi pengujian kendaraan bermotor serta teknik keselamatan & kesehatan kerja pengujian kendaraan bermotor (good governance-professionalism).
3) Membangun masyarakat akademis berkualitas yang mampu berkompetisi secara global (sustainability-professionalism).
4) Membangun networking dengan sektor industri otomotif serta berbagai institusi terkait untuk merealisasikan sistem pendidikan yang komprehensif (good governance-sustainability).
5) Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan ekstra kurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa serta ber-akhlakul kharimah (moral value).
6) Menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan bagi sivitas akademik


Tujuan

Tujuan pendidikan Program Studi D III Pengujian Kendaraan Bermotor mengacu pada tujuan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Bab II Pasal 3, bahwa pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber akhlakul kharimah, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian lulusan yang dihasilkan mampu melakukan tugas-tugas di Pemerintahan dan industri secara professional khususnya dibidang pengujian kendaraan bermotor.

Manfaat Program studi

Manfaat Program studi terhadap institusi, masyarakat dan bangsa adalah:
1. Meningkatkan kualitas dan relevensi pendidikan keselamatan transportasi jalan di indonesia
2. Membangun budaya selamat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan untuk menstimulir keselamatan nasional
4. Meningkatkan keselamatan transportasi jalan nasional


Fasilitas Pendukung Perkuliahan di PKTJ atau Poltran Tegal


Laboratorium Pengujian Kendaraan Bermotor



Laboratirum ini adalah termasuk kedalam fasilitas yang terdapat pada Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. Di dalam laboratorium ini terdapat berbagai macam alat pengujian lengkap yang dapat digunakan oleh taruna/taruni dalam melakukan praktek-praktek pengujian terhadap kendaraan bermotor.

Laboratorium Pengujian Kendaraan ini dibangun oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan dengan memiliki bangunan terpisah yang berdiri sendiri yang dikhususkan untuk menunjang kegiatan belajar taruna/taruni dalam program Pengujian Kendaraan Bermotor


Laboratorium Komputer Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan



Laboratorium ini adalah Laboratorium IT (Information Technology), yakni laboratorium yang mendukung teknologi informasi yang terus berkembang pesat akhir-akhir ini. Laboratorium komputer ini juga memiliki akses internet yang terkoneksi melalui jaringan instalasi wireless atau yang biasa disebut dan dikenal umum dengan sebutan Wi-Fi (Wireless Fidelity).

Teknologi tinggi yang digunakan oleh laboratorium komputer Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan ini dimaksudkan untuk mendukung Teknologi Informasi dan Sistem Informasi taruna/taruni, staff dan seluruh civitas Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan agar selalu menjadi individu centre of excellent yang update akan arus informasi dan turut menjadi bagian terdepan dalam arus teknologi dan informasi yang terus berkembang pesat.

Pendaftaran Online Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan


Fasilitas Registrasi Online adalah sebuah sistem informasi pendaftaran online yang terinstalasi dan dibangun untuk melengkapi portal akademik Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan yang menjadi komponen penting dan sebagai salah satu fitur penunjang untuk mencapai sempurnanya sebuah portal akademik yang terus menyesuaikan dengan teknologi sistem informasi terupdate.

Sistem Informasi pendaftaran secara online ini merupakan salah satu faslitas yang terdapat dalam portal akademik Polikteknik Keselamatan Transportasi Jalan yang bertujuan untuk memudahkan calon peserta dan calon taruna/taruni baru untuk melakukan pendaftaran dimana saja diseluruh penjuru Indonesia sesua waktu terjadwal sebagai salah satu syarat utama untuk masuk dan menjadi taruna/taruni Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan.


Perpustakaan Online Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan


Pada dasarnya adanya sebuah perpustakaan dalam lingkungan kampus merupakan salah satu bagian yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kampus itu sendiri, seiring dengan perkembangan arus informasi yang begitu cepat dan pesatnya pekembangan teknologi hal ini merupakan kentungan yang benar-benar dimanfaatkan oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan dalam memajukan setiap individu baik civitas akademik maupun staff dan dosen sehingga memajukan kampus yang menjadi centre of excellent dengan membangun fasilitas Sistem Informasi Perpustakaan Online yang tentunya mengadopsi teknologi dan informasi terkini.

Sistem Informasi Perpustakaan Online yang dibangun dengan mengadopsi teknologi dan informasi terkini oleh portal akademik Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan ini mengedepankan kemudahan dan kecepatan akses perpustakaan bagi seluruh civitas akademik staff dan dosen.

Sistem Informasi Online Manajemen Karir Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan


Untuk melengkapi dan mendampingi fasilitas terbaik yang digunakan oleh Portal Akademik Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan ini maka dibangunlah sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk memanajemen karir bagi taruna/taruni secara online.

Sistem Informasi Online Manajemen Karir ini sangat membantu dan memudahkan taruna/taruni yang hendak mencari, mengatur dan mendapatkan informasi peluang karir baik itu merupakan dari lembaga-lembaga dan intansi pemerintah maupun swasta yang terkait dan bekerjasama dengan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan.

Demikian kami sampaikan informasi yang Anda perlukan mengenai Program Studi PKTJ atau Poltran Tegal ini. Kami berharap informasinya dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi para pengunjung. Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin.


Sumber:
- pktj.ac.id
- sipencatar.com

0 comments

Post a Comment