| 0 comments ]

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar (ATKP Makassar) merupakan pendidikan tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia, dengan tugas pokok melaksanakan pendidikan profesional program diploma bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka bagi umum.

Dalam derap langkah ATKP Makassar untuk memenuhi kebutuhan tenaga Ahli dibidang penerbangan khususnya Terampil dan Ahli Teknik dan Keselamatan Penerbangan, sejak tahun 2001 sampai September 2006 ATKP Makassar telah meluluskan kurang lebih 548 peserta didik dalam berbagai jenjang program Diklat Pembentukan maupun Diklat Teknis Penerbangan.

ATKP Makassar memiliki dua program pendidikan, yaitu Pendidikan Diploma dan Pendidikan Non Diploma yang masing-masing terdiri dari dua jurusan, yaitu Pendidikan Diploma dan Pendidikan Non Diploma.

Fasilitas Pendidikan dan Fasilitas Penunjang Pendidikan yang dimiliki oleh Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar sangat menunjang guna pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dan di laboratorium serta dilengkapi asrama dan fasilitas olahraga bagi para peserta diklat guna pelaksanaan extrakurikuler yang diselenggarakan di kampus Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar.

Pola Kerjasama Diklat

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar Mempunyai beberapa pola/system kerjasama diklat sebagai berikut :

FULL CLASS PROGRAM
Yaitu sistem pelaksanaan diklat / kerjasama diklat dimana pihak sponsor mengirim sebanyak satu kelas (15-20 orang). Hal ini mempunyai keuntungan program diklat yang akan dilaksanakan sesuai kebutuhan sponsor dan tidak terpaku oleh program diklat tahunan ATKP Makassar.

SHARING PROGRAM
Yaitu suatu sistem pelaksanaan diklat / kerjasaa diklat dimana pihak sponsor dapat mengirim calon peserta diklat sesuai dengan program diklat tahunan di ATKP Makassar. Hal ini mempunyai keuntungan calon peserta didik tidak harus satu kelas.

SPECIAL COURSE
Yaitu suatu sistem pelaksanaan diklat / kerjasama diklat yang dilaksanakan tanpa mengganggu kegiatan (pekerjaan) peserta didik, dalam arti waktu dan tempat pelaksanaan diklat dapat diatur oleh kedua belah pihak. Hal ini mempunyai keuntungan bahwa kinerja perusahaan/instansi tetap stabil.


Program Studi atau Program Pendidikan


PENDIDIKAN DIPLOMA


JURUSAN TEKNIK PENERBANGAN
Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara
Teknik Listrik Bandara
Teknik Mekanikal Bandar Udara
Teknik Perawatan Pesawat Udara
Teknik Bangunan dan Landasan Bandar Udara

JURUSAN KESELAMATAN PENERBANGAN
Lalu Lintas Udara
Operasi Darat Bandar Udara
Operasi Terminal Bandar Udara
Aeronautika Information Service
Komunikasi Penerangan


PENDIDIKAN NON DIPLOMA


JURUSAN TEKNIK PENERBANGAN
Teknik Perawatan Komputer ( hardware )
Teknik Digital
Radar Principle
Airport System Planning
CNS/ATM Foundation Training For Technition
Local Area Network
Teknik Bangunan dan Landasan
Recurent Training Teknik Penerbangan


JURUSAN KESELAMATAN PENERBANGAN
Marshalling
Airport Information Officer (AIO)
Apron Movement Controller (AMC)
CNS?ATM foundation Training For Operation Staf
Recurrent Training Keselamatan Penerbangan
Aviation Security
Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK)
Penanganan Cargo Udara ( Air Cargo Handling )
Manajemen Bandar Udara
Pengoprasian garbarata
Penanganan Bagasi
Awak Kabin Pesawat ( Cabin Attendant )
Fasilitas Bandar Udara ( Airport Facilities )
Pemangdu Operasi Penerbangan
Ground Handling Officer ( Penangana Kegiatan Darat )
Komercial Bandar Udara
Pengelolaan Suku Cadang Bandar Udara
Human Factor
Flight Operation Officer ( FOO )
Aviation English



Sistem Pendidikan
Siswa siswi ATKP Makassar disebut dengan taruna/taruni. Selama Pendidikan taruna/taruni akan diasramakan. Program Pendidikan D.III Komunikasi Penerbangan dilaksanakan selama 3 tahun, 6 Semester dengan persentase 40% teori dan 60% praktek, dan menggunakan sistem gugur.

Biaya Pendidikan
Sesuai dengan PP 15 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan Untuk Non Subsidi Dari Pemerintah


Fasilitas Pendukung Kelancaran Perkuliahan


  • LAB STUDIO GAMBAR/li>
  • POLIKLINIK

  • PERPUSTAKAAN

  • GEDUNG SERBAGUNA

  • Dan lain-lain

Demikian kami sampaikan informasi yang Anda perlukan mengenai Program Studi ATKP Makassar ini. Kami berharap informasinya dapat memberikan kemanfaatan dan kemudahan bagi para pengunjung. Amiin Ya Alloh Yaa Robbal 'Alamin. Sumber: - atkp-makassar.ac.id - sipencatar.com

0 comments

Post a Comment