| 0 comments ]

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta atau STIP Jakarta beralamat di Jl. Marunda Makmur Cilincing. Jakarta Utara. DKI Jakarta. STIP Jakarta merupakan Pendidikan pelayaran yang berada dibawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 1953 Akademi Ilmu Pelayaran yang menyelenggarakan Program Diploma III (setara dengan BSc) dengan 2 jurusan antara lain: Nautika dan Teknika (sertifikat kompetensi Klas III), lama pendidikan 3-4 tahun.

Pada tanggal 27 februari 1957 AIP diresmikan oleh Presiden Pertama RI Ir. Soekarno. Saat itu juga menjadi Akademi Pelayaran Pertama di Indonesia. Lokasi kampus berada di Jl. Gunung Sahari, Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara. Pada tahun 1962 AIP menyelenggarakan kerjasama dengan Akademi Pelayaran Amerika yaitu Kings Point untuk kelas khusus. Sejak didirikan, AIP telah memilki reputasi yang baik sebagai Pusat pendidikan Pelayaran sehingga pada tahun 1974 sampai dengan 1984 AIP berhasil menyelenggarakan pertukaran pelajar dengan Tanzania, Malaysia dan Bangladesh.

Pada tahun 1964 Akademi Ilmu Pelayaran Niaga dan Akademi Telekomunikasi dilebur menjadi Akademi Ilmu Pelayaran. sehingga AIP mendapat lisensi untuk melaksanakan 4 program studi: Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK) dan Elektronika & Telekomunikasi.

Pada tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) dan diberikan lisensi untuk melaksanakan program Strata A, Strata B dan Strata C dengan 4 jurusan: Nautika, Teknika, Telekomunikasi Pelayaran dan Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK).

Pada Strata A merupakan program 3 tahun yang setara dengan BSc dengan sertifikat kepelautan kelas 3, Strata B merupakan program 1 tahun untuk pelaut yang memiliki pengalaman berlayar 2 tahun setelah mengikuti pendidikan Starta A dan memiliki sertifikat kepelautan kelas 2 dan Strata C merupakan program pendidikan dengan sertifikat kepelautan kelas 1. tahun 1995 PLAP mendapatkan lisensi untuk menyelenggarakan Program DiplomaIV dengan 3 Jurusan: Nautika, teknika dan Ketatalaksanaan dan kepelabuhanan (KTK) yang setara dengan Sarjana program kepelautan.

Pada tahun 1998 Institut diberi lisensi untuk menyelenggarakan DIklat Familiarization Training, Basic Safety Training, Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat, Advance Fire Fighting, Tanker Familiarization, Oil Tanker, Liquified Gas Tanker, Chemical Tanker, GOC-GMDSS, Medical First Aid Training, Medical Care Training dan Radar /ARPA Training.

Pada bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan struktur organisasi baru yang membuka kesempatan bagi STIP untuk menjawab tantangan melaksanakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi sampai ke jenjang S2 dan S3.

Pada tanggal 30 September 2009 STIP ditetapkan sebagai instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) serta dilakukan perubahan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 68 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. Dengan adanya perubahan standar Sistem Manajemen Mutu dari ISO 9001 : 2000 menjadi ISO 9001 : 2008, maka STIP mulai bulan Februari 2010 mengimplementasikan standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dengan Edisi 5 (lima). SSelain menerapkan ISO 9001 : 2008, STIP juga menerapkan Quality Standart System (QSS) dan mendapatkan pengesahan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.


Visi dan Misi

Maksud dan Tujuan :

Untuk mendidik sumber daya manusia menjadi Perwira-perwira Pelayaran Niaga serta Ahli Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan yang handal dan berkualitas internasional.


Visi:

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, STIP telah menetapkan Visi dan Misi sebagai berikut:

"Menjadi institusi pendidikan pelayaran bertaraf internasional yang menghasilkan sumber daya manusia pelayaran profesional".


Sedangkan Visi STIP adalah :

1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan untuk penguasaan kompetensi ilmu pelayaran yang bertaraf internasional berbasis metologi modern dan teknologi informasi.
2. Meningkatkan pelaksanaan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat guna pengembangan industri pelayaran.
3. Membentuk dan meningkatkan sikap, kepemimpinan, mental dan moral serta kesamaptaan peserta didik untuk memenuhi sumber daya manusia industri pelayaran yang berkualitas.
4. Mengembangkan dan memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
5. Meningkatkan tatakelola administrasi pendidikan yang transparan dan akuntabel berbasis pada sistem manajemen mutu terpadu.


Kebijakan Mutu :

Sesuai visi dan misi, STIP bertekad untuk memuaskan pengguna jasa dengan cara:

1. Meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf internasional dengan memperhatikan kebutuhan pasar serta memenuhi statutory dan regulatory yang berlaku.
2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian di bidang pelayaran untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi industri pelayaran dan meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
3. Meningkatkan pembinaan sikap kepemimpinan, mental dan moral yang baik serta kesamaptaan fisik yang prima serta peduli terhadap keselamatan, keamanan, efisiensi pelayaran dan pencegahan pencemaran lingkungan laut.
4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan serta fasilitas pembentukan sikap secara efektif, efisien sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta memenuhi tuntutan kebutuhan.
5. Meningkatkan sistem manajemen mutu dalam menerapkan tatakelola organisasi yang transparan dan akuntabel serta melakukan pengembangan yang berkesinambungan.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta juga mempersiapkan program magister S2 pelayaran. Selain untuk memenuhi ketersediaan sumber daya manusia pelaut,lembaga ini ingin menghasilkan pelaut profesional yang dirintis sejak tahun 2009.

STIP Jakarta berupaya membekali lulusannya dengan ilmu teknis dan bahasa Inggris. STIP Jakarta telah meluluskan ribuan pelaut dari jurusan Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan .

Demikian ulasan kami tentang Profil Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta sebagai salah satu sekolah kedinasan yang mempunyai misi dalam penguasaan kompetensi ilmu pelayaran yang bertaraf internasional berbasis metologi modern dan teknologi informasi. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- stipjakarta.ac.id
- sipencatar.com

0 comments

Post a Comment